Home » » Dieng Part I : Kawah - Kawah di Negeri di Atas Awan

Dieng Part I : Kawah - Kawah di Negeri di Atas Awan

Senin, 07 Juli 2014 | 0 komentar



Kawah Sikidang
Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi, siang, sore dan malam buat para pembaca blog ini :). Kali ini Arifin akan share informasi tentang Dieng, dan di postingan ini Arifin share terlebih dahulu beberaa kawah di Daerah Tinggi Dieng. Berikut postingannya :

Kawah Sikidang
Terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Masuk Kabupaten Banjarnegara –Jawa Tengah Merupakan objek wisata yang paling popular dari kawah lainnya di Dieng karena lokasinya yang mudah dicapai. Letusan magmanya yang meloncat-loncat sekitar setengah – 1 meter ini selalu berpindah-pindah tempat namun masih dalam satu kawah. Itu sebabnya kawah ini disebut kawah Sikidang hewan yang suka melompat-lompat (dalam bahasa jawa Kidang diartikan sebagai Kijang).
Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka
Berada di Desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara (kurang lebih sekitar 6 kilometer dari Kawasan Wisatan Tinggi Dieng). Di kawah inilah terdapat cerita khas, dimana banyak yang menceritakan ditempat inilah Gatotkaca dimandikan sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa.

Kawah Sileri
Terletak di desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Sekitar 7 Km dari Kawasan Wisata Dieng Plateau. Kawah ini merupakan kawah yang paling aktif di Dieng dengan rentetannya kira-kira dari tahun 1944, 1964, 1984, Juli 2003, dan September 2009.
Kawah Sileri

Kawah Timbang
Kawah Timbang
Kawah Timbang berapa disamping Kawah Sinila beraktifitas sedang. Berada di desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Kawah Sibanteng
Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini pernah meletus pada bulan Januari 2009, dengan suaran letusan yang terdengar sampai radius 2 km, merusak hutan disekitarnya dan juga tanah longsor. Wisata Dieng pun ditutup beberapa hari pada sat itu.

Demikian beberapa informasi yang Arifin berikan di tulisan kali ini, untuk postingan tentang Dieng selanjutnya, bisa dicari di postingan lainnya.
Thanks :)

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Share this article :

Tidak ada komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Miftakhul Arifin - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger