Home » » Telaga Menjer

Telaga Menjer

Jumat, 24 Januari 2014 | 0 komentar

Sebelum memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng, di Desa Garung, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo terdapat sebuah telaga yang bernama Telaga Menjer. Berada di kaki pegunungan Dieng, lokasinya sekitar 12 km dari kota Wonosobo. Rutenya, setelah melewati Pasar Garung dan PLTA Garung, Anda bisa mengambil jalan ke kiri. Namun, obyek wisata ini sering terlewatkan karena minimnya informasi.
Suasana di Telaga Menjer sendiri bisa dibilang sangat asri, dengan dipagari pegunungan yang masih asri, dan suara alam akan membuat hari - hari Anda akan terasa indah di Telaga Menjer. Telaga Menjer sendiri kira - kira berada di ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, dengan luas kira - kira 70 Ha dan kedalaman 45 meter, udara disana pun bisa dibilang cukup sejuk.

Menurut informasi yang beredar, Telaga Menjer pernah dikuras tepatnya pada tahun 1980 karena adanya kecenderungan di bagian bawah yang mengalami kebocoran. Pengurasan tersebut dibantu oleh para tenaga ahli Rusia yang selanjutnya dilanjutkan pembangunannya oleh tenaga ahli dari Jepang.

Kondisinya yang jarang terjamah dan bersih menyebabkan tidak adanya fasilitas - fasilitas untuk bersinggah para turis yang ingin duduk dalam menikmati pemandangan. Di telaga ini, kita akan dimanjakan dengan indahnya bukit hijau yang mengelilingi telaga ini. Lebatnya pohon pinus disekeliling telaga ini membuat udaranya sangat sejuk.

Di telaga ini, sangat cocok buat Anda yang ingin menenangkan diri, karena Telaga Menjer berada jauh dari hiruk pikuknya kota. Jika Anda ingin merasakan petualang kecil - kecilan, Anda bisa menyusuri jalan - jalan setapak mengelilingi Telaga Menjer atau bahkan menyewa perahu getek dengan harga Rp. 60.000,- yang dapat diisi sekitar 10-12 orang. Oh iya, tarif untuk masuk ke Telaga Menjer ini juga sangatlah murah, cukup Rp. 2000,- saja, Anda dapat menikmati keindahan Telaga Menjer ini tapi, dengan menjaga kelestariannya pastinya.Telaga Menjer sendiri juga dimanfaatkan sebagai tempat tambak ikan oleh para warga sekitar.

Demikian artikel tentang Telaga Menjer, semoga artikel ini bermafaat untuk Anda dan bahkan mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam mengisi liburan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Miftakhul Arifin - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger