Home » , » Cintailah Alam Kita

Cintailah Alam Kita

Kamis, 29 November 2012 | 0 komentar


Alam akan melindungi kita selama kita mau menjaganya dengan baik dan tidak berlaku semena-mena terhadap alam, apalagi merusaknya tanpa memperhatikan akibat yang akan terjadi di kemudian hari.
Allah SWT menciptakan alam yang begitu indah yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di bumi ini. Tapi, keserakahan dan ketamakan manusia malah merusaknya, sehingga manusia itulah yang akan celaka dan merasakan akibat yang ditimbulkan sendiri.
Akibat ketamakan dan keserakahan manusia terhadap alam,gunung, bukit, dan hutan menjadi gundul karena penebangan pohon-pohon secara liar dan pembakaran hutan untuk membuka lahan pertanian oleh manusia yang tidak bertanggungjawab itu. Sungai-sungai menjadi banjir karena banyak sampah-sampah yang menumpuk. Udara menjadi tercemar akibat asap kendaraan bermotor dan asap pabrik menjadi polusi udara, yang pada akhirnya meningkatkan proses Global Warming (Pemanasan Global).
Berbagai bencana sering terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir. Indonesia kini menjadi langganan bencana alam banjir dan tanah lonsor. Bencana banjir dikarenakan sungai tidak mampu lagi menampung debit air yang terlalu tinggi. Banyaknya sampah yang mengotori bantaran sungai dan mengakibatkan pendangkalan sungai serta didirikannya rumah di bantaran sungai menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir. Tanah longsor diakibatkan penebangan pohon yang berlebihan tanpa melakukan reboisasi kembali. Meraka hanya memikirkan segi material dari hasil perambahan hutan dan alam sekitar tanpa menghiraukan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Bencana yang seharusnya bisa kita hindari kini menjadi momok yang menakutkan bagi lingkungan.
Banyak sekali perusakan yang terjadi di sekitar kita ( Indonesia ) yang tiada lain karena ulah manusia itu sendirinya:
1)      Penggunaan pupuk yang berlebihan, sehingga menyebabkan air tanah menjadi tercemar dan tanah tidak produktif lagi.
2)      Penggunaan bom ikan dan pembuangan limbah ke laut, mengakibatkan air laut menjadi tercemar, terumbu karang banyak yang rusak, sehingga ikan-ikan banyak yang mati.
3)      Pengurasan hasi-hasil tambang secar aterus-menerus.
4)      Penggunaan air tanah secara berlebihan, sehingga pada musim kemarau terjadi kekeringan     dan masih banyak yang lainnya.
5)      Tanah longsor, banjir, kekeringan, pencemaran(air, udara, tanah), abrasi dan erosi adalah akibat yang ditimbulkan dari tindakan perusakan alam yang dilakukan oleh para manusia yang tidak bertanggungjawab, dan pada akhirnya akan menyengsarakan dirinya sendiri dan orang lain.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah perusakan terhadap alam, di antaranya:
1)      Menghemat pemakaian kertas dan pelastik.
2)      Menghemat penggunaan energi(minyak, listrik,dll).
3)      Menghemat dalam menggunakan air tanah.
4)      Selalu melakukan penghijauan.
5)      Menggunakan energi alternatif(jika ada).
6)      Tidak membuang sampah sembarangan.
7)      Selalu menjaga kelestarian lingkungan.
8)      Selalu menjaga dan mencegah alam dari perusakan.
9)      Selalu menggunakan prinsip 4R(Reduce, Reuse, Recycle, Repair).
10)  Selalu menghargai alam, karena itu merupakan ciptaan Allah SWT.
Jika kita tidak ingin merasakan kemarahan alam, marilah kita jaga alam ini dengan sebaik-baiknya!
 
pembalakan-liar1.jpgDibawah ini merupakan gambar-gambar kerusakan alam :
kerusakan-alam.jpg 







Dan dibawah ini adalah gambar-gambar Alam yang terjaga di Indonesia :
dieng-plateau.jpgpesona alam jateng.jpg









Share this article :

Tidak ada komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Miftakhul Arifin - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger